PERULANGAN BERSARANG DENGAN JAVA POLA BINTANG BENTUK POHON CEMARA
Assalamualaikum wr .wb
Hello Semuanya,
Kembali lagi di blog saya Wulandari, disini kita akan mempelajari dan memahami materi algoritma pemrogaman dengan struktur perulangan bersarang, sebagai berikut:
1.Pertama-tama kita memasukkan angka yang akan di jadikan jumlah baris dalam pola pohon cemara tersebut. Lalu untuk perulangan nya :
* for (int w=1; w<=4;w++)
2. digunakan untuk melakukan perulangan yang menghasilkan spasi antar bintang (*), agar piramida pohon cemara yang dihasilkan terlihat pas atau sempurna.
* for (int w=1; w<=4;w++)
3. digunakan untuk melakukan perulangan yang menghasilkan (*) dalam pembuatan pola piramida.
* for (int w=1;w<=2;w++)
penjelasan:
Kita mempunyai beberapa variabel yang mempunyai tipe data integer yang digunakan yaitu : w dan r. Misalkan masukan yang kita ketik sebelumnya yaitu 2, maka :
- ketika w= 1 dan r sama dengan 11 dari masukan yaitu di kurang 0, maka akan membentuk 0 spasi. Ketika r >= 0 maka akan terbentuk 1 bintang (*).
- ketika r = 1 dan r kurang dari w; maka akan membentuk 2 spasi. maka akan terbentuk 1bintang (*).
- ketika r = 1 maka akan membentuk 1 spasi. Ketika r kecil = w dan di tambah 7 =r++, maka akan terbentuk 9 bintang (*).
Komentar
Posting Komentar